02 Sep

Sejarah

STISIP Muhammadiyah Rappang adalah salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah sebagai lembaga formal yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.

Perintisan berdirinya STISIP Muhammadiyah Rappang secara kronologis dimulai dari ide non formal oleh beberapa tokoh Muhammadiyah Sidrap, terutama di kalangan pendidik. Karena melihat kenyataan yang ada bahwa masih banyak lulusan SMA dan pegawai di kantor-kantor pemerintah belum berpredikat sarjana, sehingga di kalangan mereka terpaksa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di luar kabupaten.

Melihat kenyataan ini timbul tekad untuk membuka perguruan tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Muhammadiyah yang mendidik para lulusan SMA dan para pegawai non keguruan yaitu Sidenreng Rappang, dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Membantu pemerintah dalam pembangunan di bidang pendidikan di Kabupaten Sidenreng Rappang pada khususnya.
  2. Menyediakan lembaga pendidikan bagi lulusan SMA/sederajat pekerja (pegawai) maupun yang belum bekerja, dan lulusannya dapat diandalkan dan terampil dalam bidang tugasnya.
  3. Bahwa kebutuhan lulusan pendidikan tinggi yang terampil dalam bidang keahliannya pada saat ini maupun di masa yang akan datang, semakin diperlukan untuk terlibat dalam pembangunan daerah di seluruh pelosok tanah air yang tidak saja dapat diserap oleh pemerintah dan juga di kalangan swasta.
  4. Berdasarkan pada dasar pemikiran di atas, serta menyadari akan tanggung jawab yang besar yang harus diemban, maka Yayasan Muhammadiyah Sidenreng Rappang merasa terpanggil untuk membuka Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Muhammadiyah Rappang.

    Akhirnya STISIP Muhammadiyah Rappang didirikan oleh Yayasan Muhammadiyah Sidrap berdasarkan Akte Notaris No. 24 Tanggal 25 Pebruari 1991. Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.38/D/O/2000 tanggal 17 April 2000 mulai beroperasi sampai sekarang.

     
     
     
     
    .