Lampu-Led-Strip

Jenis lampu led strip bisa dimanfaatkan untuk menambah kesan yang indah, elegan dan mewah pada interior ruangan. Simak ulasannya berikut.

Lampu LED strip menjadi salah satu barang favorit orang saat ini, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai desainer interior maupun orang awam yang hobi mendekorasi ruangan mereka, baik ruangan kantor, maupun ruangan di rumah. Lampu strip ini dinilai sangat estetik dan menambah nuansa yang berbeda ketika dinyalakan bersamaan dengan lampu utama lainnya.

Kelebihan lampu strip selain sebagai dekorasi, lampu ini juga merupakan lampu yang hemat energi, namun mampu menambah kekuatan cahaya selain cahaya dari lampu utama. Selain hemat energi, lampu ini juga cukup tahan lama yaitu penggunaannya bisa mencapai 15.000 jam, berbeda sekali dengan lampu bohlam konvensional yang hanya 1.000-2.000 jam penggunaan. Untuk harganya sendiri cukup variatif, berkisar mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per meternya.

Fungsi Lampu LED Strip

Beberapa fungsi dari lampu jenis ini yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut :

  • Lampu dekorasi

Sudah menjadi sesuatu hal yang umum lampu jenis ini digunakan untuk mendekorasi ruangan maupun furniture. Pemasangan lampu strip pada ruangan atau furniture memberikan kesan suasana ruangan yang lebih lembut dan nyaman.

Tempat-tempat yang biasanya dipasangkan lampu jenis ini sebagai lampu dekorasi meliputi ruangan di dalam rumah baik kamar, ruang tamu, berbagai furniture seperti lemari hias, kitchen set maupun lainnya. Selain rumah, tempat lainnya yang menggunakan lampu strip sebagai lampu dekorasi adalah kantor, hotel, ruangan toko, studio foto, tempat-tempat hiburan.

  • Backlight

Fungsi lampu strip sebagai backlight biasanya digunakan oleh para fotografer untuk memperindah atau memperjelas objek foto mereka. Selain itu, lampu strip juga bisa dijadikan backlight di kitchen set anda, karena bagian bawah lemari atas dapur cukup gelap. Namun dengan memasang lampu strip sebagai backlight disana, anda dapat melihat area tadi dengan penerangan yang cukup dari lampu strip.

  • Penerangan

Walaupun kesannya lampu strip ini hanya berupa lampu titik-titik kecil, namun bisa juga berfungsi sebagai penerangan, tergantung dari berapa besar lumen dari lampu LED tersebut.

5 Tahap Pemasangan Lampu LED Strip

Untuk memasang lampu ini sebetulnya tidak terlalu sulit. Anda dapat mengikut tahapan-tahapan berikut. Dibawah ini adalah 5 tahap untuk pemasangannya yang dapat anda ikuti, yaitu :

  1. Lakukan pengukuran antara tempat pemasangan atau objek dengan lampu jenis led strip
  2. Potong lampu jenis ini sesuai dengan kebutuhan
  3. Letakkan lampu LED strip di tempat pemasangan atau objek yang anda inginkan
  4. Hubungkan dengan power supply
  5. Uji coba nyala lampu

Tips Pemasangan Lampu Dekorasi

  1. Pastikan sebelum membeli lampu jenis led strip, anda melakukan uji nyala dulu di tempat anda membeli, supaya anda yakin bahwa lampu jenis ini yang anda beli dalam keadaan baik dan bisa menyala.
  2. Potong pada bagian titik potong supaya tidak merusak lampu. Lampu ini biasanya didesain dengan interval potong tertentu dan disertai dengan penanda.
  3. Lakukan pengukuran dengan tepat, supaya tidak berlebihan juga tidak kurang

Kesimpulan

Walaupun bisa dibilang lampu LED strip ini bukan merupakan lampu penerangan utama, tetapi keberadaannya tidak bisa dipungkiri mampu menghadirkan nuansa yang berbeda di ruangan anda. Tidak ada salahnya mendekor ruangan anda dengan jenis lampu satu ini, supaya anda lebih betah berada di ruangan anda. Selamat mencoba.